make your own a sweet life

Entah kenapa kata-kata ini selalu membekas dipikiran saya, “Kalau ada orang yang berbagi cerita ke kamu tentang kejelekan orang lain. Jangan senang, karena orang itu gak tertutup kemungkinannya akan ngomongin kamu juga ke orang lainnya.”

Jadi dampak kata-kata itu ke saya ya sederhana saja, saya belajar untuk gak suka ngomongin kejelekan orang. Susah sih, tapi memang semua orang itu gak ada yang sempurna. Si A bisa saja kurang di sisi yang kanan, tapi dia lebih di sisi kiri. Si B bisa saja kurang di sisi kiri, tapi lebih di sisi kanan. Kalau terlalu banyak kepikiran kekurangan orang, ujung-ujungnya kan jadi memusingkan. Kebalikannya saya mencoba fokus di kelebihan orang-orang disekitar saya. Pasti akan lebih menyenangkan.

Belakangan ini juga saya berusaha gak ambil pusing dengan apa yang memang seharusnya gak saya pusingkan. Tidak berpikir berlebihan melebihi batas seorang manusia, maksudnya cukup memikirkan hal-hal yang masih sanggup buat dipikirkan. Seperti masa depan, dan segala yang terlihat abu-abu, saya mau melupakan kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin saya alami. Sebagai manusia ya keharusan saya adalah hardworking, belajar, termasuk belajar hidup didalamnya. Saya percaya kehidupan yang saya jalani bukan hanya soal pekerjaan dimasa depan, yang jujur adalah salah satu ketakutan terbesar saya, tapi juga masalah hati dan menjadi seseorang yang berarti dan berguna buat orang lain. Ini serius, mungkin seperti impian seorang anak kecil, tetapi seharusnya menjadi impian buat semua orang.

Yang saya butuhkan, dan yang mungkin orang lain diluar sana butuhkan hanya sebuah keyakinan dan rasa optimis. Ketika segalanya terlihat berantakan dan hancur, pasti disana, walau diujung sana, walau musti di acak-acak dulu, pasti dan amin akan ada jalannya. Keyakinan itu harus saya tanamkan dalam hati, karena gak selamanya akan turun seseorang berjubah putih memakai mahkota yang akan membisikan kata-kata yang positif. Bisa saja seseorang berjubah hitam menggenggam gala yang kemudian membisikan kata-kata negatif.


Keyakinan, optimis, kerja keras, hasilnya akan indah. Betul?

bedroom, 28 mei 13

Comments