Semangat terus

Sabtu kemarin aku pergi nemenin anak-anak ke Kidzania. Senang ternyata memang anak-anak bisa saja disiapkan menjadi seperti apa nanti di sana. Bagaimana mereka memilih apa yang ia sukai. Ada yang menyukai acting, ada yang suka siaran, ada yang suka memasak. Pada dasarnya dari anak-anak sudah bisa terlihat minatnya.

Hari itu pertama kalinya aku pergi ke Kidzania, karena memang sayangnya Kidzania belum buka waktu aku masih kecil. Aku sempat menemani 5-6 anak dan selalu menanyakan mereka ingin main apa. Aku menawarkan mereka mau tahu tentang apa. Kalau memungkinkan mereka berpencar dalam pengawasanku itu lebih baik, yang penting apa yang mereka mau tahu bisa tercapai.

Aku memang tidak berkenalan secara langsung sama anak-anak di sana, namun pada akhirnya kami akrab. Mereka bercerita tentang cita-citanya, kegiatannya sehari-hari, menonton mereka main teater, apa saja yang menebar semangat di wajah mereka buatku ikut bersemangat. Atau akulah yang harus lebih bersemangat untuk mengajak mereka bermain.

Kidzania yang ramai tidak menjadi penghalang bagi mereka dan aku berkeliling. Kami hanya saja dibatasi oleh waktu, karena setiap permainan ada periode waktunya dan kami harus mengantri untuk bermain selanjutnya.

Karena dengan berbagi waktu, semangat dan cerita adalah indah.

Comments