Yakin?

Seberapa sering kamu yakin akan sesuatu? Yakin akan bisa mengandalkan diri kamu sendiri, yakin akan perasaanmu, yakin akan dunia yang kamu pandangi.

Aku tidak. Maksudnya, aku tidak tahu. Dulu aku pernah yakin dan sekarang aku mundur, berlari dari keyakinan itu dan mengucapkan salam perpisahan tanpa ingin bertemu lagi. Kejam ya.

Rasanya, dulu aku pernah yakin menjadi siapa aku saat aku besar nanti. Tapi, tunggu saja, sebentar lagi mungkin keyakinanku akan digoyahkan, atau dibelokkan.

Seberapa sering kamu yakin? Kali ini tentang perasaanmu sendiri. Seberapa sering juga kamu jujur? Seberapa sering kamu menghargai waktu bersama orang yang kamu sayangi? Lalu, apa kamu yakin besok, lalu besoknya lagi, kamu masih menjumpai perasaan itu?

Aku boleh ya bertanya. Apa yang paling kamu yakini dalam hidupmu?

Comments