Natal kita

Jarang-jarang banget bisa nulis blog dari laptop, kayak sekarang ini. hehehe

Sebentar lagi hari natal, semua seperti sibuk menyiapkan acara ini dan itu. Tapi mungkin kali ini aku coba menanyakan apa makna natal itu sendiri. Apa makna natal bagi kamu?

Natal selalu membekas dalam ingatanku. Tahun lalu masih, dua tahun lalu masih, dan tiga tahun lalu juga. Hari natal membawa suasana yang sukacita, yang berlimpah dengan ucapan syukur dan puji-pujian.

Natal selalu bertepatan dengan tahun baru, di mana ada begitu banyak kegelisahan dan tanda tanya. Aku bertanya-tanya apa yang akan terjadi di tahun depan, apa rencanaku, apa yang harus aku jalani, dan butir-butir mimpi yang masih terselip. Tapi, di sisi lain, Natal yang selalu berdempetan ini mengingatkan aku untuk bersyukur lagi buat keberadaan orang-orang berharga di sekelilingku.

Aku selalu percaya, Natal memberikan semangat dan harapan lagi, ketika jatuh maka aku harus bangun, ketika aku lelah aku harus belajar berhenti mengeluh, atau ketika hidup terasa membosankan, masing-masing terjebak dalam rutinitas. Ada yang merasa dirinya selalu bosan dengan rutinitas, tidak tahu arah tujuan hidup, ada yang penuh antusias menjalani rutinitas. Aku mau percaya, ketika Natal dan setiap harinya pun, aku akan dibangunkan lagi dan lagi dari setiap mimpi buruk. Menjadi janji yang luar biasa indah, bukan?

Maka biarkan aku tidak melangkah dengan kepastian dan rencanaku sendiri yang hanya untuk diriku sendiri. Dunia terlalu luas dan asing rasanya jika aku hanya belajar memahami aku, bukan belajar memahami orang disekitarku.

Bagaimana dengan kamu? Mungkin agak terlalu cepat, selamat menikmati Natal!

Comments