See myblog

Another Language

Monday, May 15, 2017

Pergilah

Apa yang membebaskanmu?

Mungkin ada banyak hal yang bisa mengekangmu dan menimbun cahaya-cahaya kecil dari silau matamu. Ada banyak yang membutuhkan, dan kamu hanya terpenjara oleh dirimu sendiri.

Tetapi...

Ada. Banyak kisah di luar sana yang memintamu untuk turut campur tapi kamu tidak peka. Banyak jalan yang walaupun kaki dan badanmu terpenjara, tapi semangatmu tidak boleh.

Apa yang membuatmu bersemangat?

Mungkin ada banyak hal yang membuatmu menutup diri dan memilih untuk tertidur saja.

Tetapi...

Percayalah, ketika kamu peduli dengan orang lain, semangatmu akan terus menyala, tanpa kamu sadari kamu akan terus menyala seperti terang di antara kegelapan.

Apa yang membuatmu tersenyum?

Mungkin ada banyak masalah yang membuatmu berhenti untuk tersenyum dan tidak mau menebarkan senyum. Kamu pikir jangankan orang lain, kamu merasa belum cukup bahagia.

Tetapi...

Ada kenangan yang membuatmu tidak lupa, kamu pernah mengalami hal yang indah, kamu pernah tertawa lepas, kamu pernah berlari tanpa takut dan menangis karena bahagia. Ada harapan untuk sebuah masa depan yang lebih baik.

Kamu tau ada banyak pilihan yang membuatmu memilih. Mau jadi seperti apakah kamu untuk dirimu sendiri, orang lain di sekitarmu dan bangsamu.

Jakarta, Semarang, Jogjakarta.
Terima kasih sudah mengajarkanku banyak hal.

No comments: