Resolusi tahun 2018

Ga terasa udah masuk bulan ke delapan dalam tahun ini. Empat bulan lagi kita akan menyambut ke tahun 2019. Lalu apa yang terlintas?

Evaluasi akhir tahun?

Resolusi tahun baru?

Apa resolusi tahun 2018 mu? Punyaku penuh dengan impian dan keyakinan, membangun usaha kecil, rutin berolahraga, travelling ke kota-kota baru, explorasi dan jadi berkat buat sesama.

Rupanya apa yang aku usahakan bukan suatu hal yang mudah. Aku harus bangun lebih pagi, tidur lebih cepat, berjalan lebih jauh dan mengurangi kesenanganku demi apa yang harus aku capai. Kalau aku jadi pohon, aku harus siap di terpa angin. Kalau belum, ya silakan, jadilah rumput yang diinjak-injak orang.

Karena bagiku hidup adalah anugrah dan kesempatan, jika kusia-siakan lalu apa yang berharga? Namun aku sadar, ada banyak hal yang tidak bisa aku raih dengan kekuatanku sendiri. Aku manusia tidak sempurna, lemah dan punya banyak rasa menyerah. Jika aku bersandar hanya dengan kekuatanku sendiri, lalu bagaimana masa depanku nanti?

“Tuhan tidak akan sekali-kali meninggalkan Engkau.” Maka dalam segala hal, baik yang terlihat mustahil dan yang sesederhana sekalipun, aku datang kepadaMu. Tidak ada yang lebih menenangkan selain bersandar padaMu.

Comments