Kilas balik

Apa arti tahun 2020 buatmu?

Di sosial media orang ramai merangkum perjalanan hidupnya di tahun lalu, mumpung baru saja 2020 usai dan 2021 masih di penghulu. Aku mau berpikir lagi, apa 2020 buatku.

Dengan ingatan pas-pasan, jika mundur sedikit di tahun 2019, 2020 aku yakin memberiku peluang untuk belajar mengenal diri sendiri. Ternyata 2020 sangat membuat aku kaget. Lockdown membuat situasi banyak berubah. Ketakutan, pengasingan, sendirian. Banyak orang jadi mudah stress, banyak orang kangen liburan, banyak orang gampang tersinggung, banyak orang yang mulai mencari lagi makna dan tujuan hidupnya, termasuk aku.

Aku mengalami beberapa masa di mana aku mengambil keputusan besar dan ditengah perjalanan sering terjadi konflik dengan teman. Membuatku hampir setiap hari tidur subuh. Lingkungan tidak kondusif, teman bikin pusing dan ditambah kenyataan yang membuat aku kaget seperti ditampar.

Sungguh, aku ga pernah tahu 2020 jadi tahun yang sangat berat buat aku jalani. Semua rencana yang aku punya hilang, semua impian naik gunung, jalan-jalan harus dibatalkan. Ditengah situasi yang berat, aku harus mencari hiburan lain dan kesibukan lain selain main sosial media, yang lagi-lagi menambah aku stress.

Di awal lockdown, aku hampir satu jam workout setiap hari, aku makan sedikit supaya kurus, lari setiap minggu. Ikut kelas workshop online? Sudah. Iseng masak? Sudah. Coba bikin kue? Sudah. Belajar bahasa? Sudah. Hobi tanaman? Sudah. Keriting rambut? Sudah. Urus bayi burung? Sudah. Rapi-rapi? Sudah. Semua untuk menghabiskan waktu.

Selama pandemi, aku punya hobi baru, yaitu menjawab baik-baik saja ketika ditanya apa kabar. Iya, fisikku baik-baik saja, tetapi pikiran dan perasaanku tidak. Aku ingin sesuatu yang tidak aku pahami, rasanya kosong, aku rindu penerimaan yang tulus. Aku rindu kejujuran yang kini sudah jadi barang langka.

Empat belas tahun blog ini masih tetap setia dengan tulisanku. Kalau ia manusia, pasti ia sudah bosan dan muak dengan ceritaku yang gini-gini saja dan hidupku yang gitu-gitu saja.

Demi blogku yang setia, semoga di tahun yang baru aku bisa jadi lebih baik.

Kita semua.

Comments