Percaya!

Banyak hal yang menggentarkan hati, bahkan terlihat abu-abu untuk dijalani. Ketakutan, rasa tidak bisa, ah apalagi umur sudah makin menua. Kebutuhan dan pertanyaan makin banyak. Di tengah keributan dunia, ketenaran dan keberhasilan orang di sosial media, aku sadar hidupku memang dinilai orang lain, tetapi bukan itu tujuannya.

Bukan untuk penilaian, bukan untuk gengsi, status atau apapun. Di tengah keributan dunia dan standartnya. Hidup ini sebuah perjalanan untuk mencapai tujuan, yang aku tentukan sendiri, yang ingin aku rancang sendiri.

Kalau terlalu takut, bagaimana berani mulai merancang? Aku tidak tahu, tetapi aku belajar untuk yakin pada diriku kalau aku bisa, setidaknya aku bangga kalau aku telah mencoba. Bukannya tantangan yang aku kejar dan itu yang membuat aku naik satu tingkat lebih tinggi? 

Comments