Rahasia umum

Di tengah perjalanan, ketika pilihan hidup terasa buntu dan tidak ada kemajuan. Aku percaya Tuhan menempatkan orang-orang terpilih di sekitarku untuk mendorongku untuk maju, menaiki satu persatu tangga kehidupan. Ada yang berperan menjadi teladan, penghibur, pengingat dan sebagainya.

Bukan selalu lebih tua yang lebih bijak, bukan semua yang mampu mengatur orang lain bisa mengatur dirinya sendiri. Bukan yang jabatannya lebih tinggi selalu bisa memimpin. 

Aku bersyukur punya rasa bersaing yang besar, yang dalam beberapa keadaan aku memaksa diriku untuk harus bisa (walapun banyak yang aku tidak mau coba, hehe). Atau sering kali aku semangat tapi sebentar semangat aku redup. Ajaibnya, ketika aku mau, aku meyakini aku selangkah lebih maju. 

Ya begitu ya, hidup memang campuran dari berhenti, maju atau mundur.

Comments