Rajin menabur

Aku yakin dan mengamini kalimat: Tha Tukul Saka Niat, yang artinya semua itu berawal dari niat. Kata orang lama, di mana ada kemauan di situ ada jalan. Mirip-mirip ya. Kalau aku tarik kesimpulannya, artinya untuk mencapai suatu tujuan diperlukan niat. Tetapi niat itu tidak cukup kalau tidak dipupuki, dijalani dan diberanikan.

Aku masih ingat rasanya saat harus berbicara di depan umum. Aku merasa suaraku gemetar, lalu aku jadi menyimpulkan sendiri kalo aku merasa ga capable, lebih baik aku ga lagi deh. Di banyak kesempatan, aku juga senang memilih diam kalau ga diharuskan berbicara, atau misalnya ga dapat hadiah (hahaha). Familiar?

Aku juga masih ingat saat aku berlari di Jogja, yang pasti sebelum pandemi menyerbu. Aku nekat ambil 21km lagi untuk ketiga kalinya, padahal persiapakanku pas-pasan. Ga pernah lari long run lagi. Hasilnya? Di km ke 7-10 itu kakiku kayak kaku banget rasanya. Baru km ke 7 loh, pas lari aku mikir lagi "Gimana kilometer ke 15 nanti." Rasanya udah pengen berhenti dan menyesal kenapa ambil 21 km tapi ga cukup latihannya. Tetapi karena lari bareng sama teman-teman di sana, aku finish bersama-sama. Yay!

Berbeda sama 21 km ku pertama di Bandung. Lancar, penuh dengan kebahagiaan. Aku tetap lari non stop kecuali minum aja, tetapi aku ga merasa memaksakan diri saat berlari. Aku menikmatinya, ditambah udara sejuk di Bandung juga mendukung. Jauh sebelum memutuskan lari half maraton pertamaku, aku lari setiap seminggu 1-2 kali di Gor Soemantri, haha sendirian, dan berhasil ambil 10km pertamaku di sana. Aku ikut lari di SCBD 16 km buat menetapkan hati bisa ga ya ke 21 km itu. Aku bangun pagi setiap weekend di hari Sabtu jam 6 lalu lari keliling Kemayoran sendirian (ga kebayang kalo sekarang harus lakukan itu lagi). Padahal race pertamaku, ya 5 km.

Lagi-lagi, kesimpulan yang bisa aku tarik: Persiapan adalah kunci. Dan untuk menuju persiapan itu perlu kerja keras yang dihasilkan dari sebuah niat. Tetapi niat aja ga cukup. Ibarat benih yang ditabur, suatu saat akan tumbuh menjadi tuaian.

Comments